Karya Tulis Ilmiah (KTI) PERANAN FACEBOOK TERHADAP REMAJA

BAB I

Pendahuluan

 Latar belakang masalah

Masa remaja adalah masa pencarian jati diri, dan bisa saja dalam proses pencarian jati diri itu remaja tersebut melalui jalan yang benar atau jalan yang salah. Apabila remaja gagal dalam mengembangkan rasa identitasnya, maka remaja akan kehilangan arah. Memang kemajuan teknologi saat ini tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Berbagai informasi yang terjadi diberbagai belahan dunia, dapat langsung diketahui berkat kemajuan teknologi.

Teknologi yang semakin canggih memudahkan semua orang untuk memperoleh informasi yang mereka inginkan. Banyak situs jejaring sosial yang semakin popular dan menjamur saat ini. Salah satunya adalah dunia pertemanan facebook. Facebook adalah salah satu jejaring sosial yang berguna untuk mencari teman lama.facebook juga dapat diaplikasi dengan cara mengirim video, foto, bermain games,berdiskusi, dan masih banyak lagi. Luasnya jaringan yang dibuat facebook membuat para pengguna berpikir untuk memanfaatkannya tidak hanya untuk mengunggah foto, memperbarui status dan lainnya. Sering kali, mereka menggunakan facebook untuk menumpang popularitas agar tidak dianggap ketinggalan zaman oleh teman-temannya. Mereka bertingkah aneh-aneh di dunia maya. Misalnya, meng-upload foto-foto yang tidak senonoh di profilnya, menkritik orang dengan seenaknya,dan lainnya. Itu semua dalah hasil dari rasa ingin tahu yang berlebih dari remaja. Kemudian dengan mudahnya, para remaja berteman dengan orang yang tidak dikenal di facebook.

Facebook juga dapat menimbulkan tindakan kriminalitas seperti: penculikan, penipuan, dan pencemaran nama baik. Kalau ini dibiarkan secara terus-menerus dapat membuat generasi penerus bangsa terjebak dengan sesuatu yang tidak berguna dan berakhir dengan masa depan yang suram. Tetapi masih ada remaja yang memanfaatkan teknologi dengan baik dan benar.

  Rumusan masalah

Sejak kapan penggunaan facebook di kalangan remaja ?
Apa penyebab remaja mempunyai akun facebook ?
Seberapa sering para remaja menyalahgunakan akun facebook mereka ?
Seberapa pentingkah facebook di kalangan remaja ?

  1. Tujuan penelitian

Tujuan umum dari penelitian ini adalah :

  1. Mengetahui penggunaan facebook dikalangan remaja.
  2. Mengetahui penyebab remaja memiliki akun facebook.
  3. Mengetahui seberapa sering remaja menyalagunakan facebook.
  4. 4. Mengetahui seberapa pentingnya facebook bagi remaja. 

 

BAB II

Kajian pustaka

A.Facebook

  1. Pengertian Facebook

Pengertian facebook menurut wikipedia berbahasa indonesia adalah sebuah situs web jejaring sosial populer yang diluncurkan pada 4 Februari 2004. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School. Atau dapat juga diartikan facebook adalah sebuah web jejaring sosial yang didirikan oleh mark zuckerberg dan diluncurkan pada 4 Februari 2004 yang memungkinkan para pengguna dapat menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personil lainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.

       2.  Sejarah Facebook

Sejarah facebook berawal ketika Mark Zuckerberg, seorang mahasiswa Harvard kelahiran 14 Mei 1984 dan mantan murid Ardsley High School membuat situs jejaring sosial facebook. Yang pada mulanya pengunaannya hanya diperuntukkan bagi mahasiswa dari Harvard College. Dalam dua bulan selanjutnya, keanggotaannya diperluas ke sekolah lain di wilayah Boston (Boston College, Universitas Boston, MIT, Tufts), Rochester, Stanford, NYU, Northwestern, dan semua sekolah yang termasuk dalam Ivy League. Banyak perguruan tinggi lain yang selanjutnya ditambahkan berturut-turut dalam kurun waktu satu tahun setelah peluncurannya. Akhirnya, orang-orang yang memiliki alamat surat-e suatu universitas (seperti: .edu, .ac, .uk, dll) dari seluruh dunia dapat juga bergabung dengan situs jejaring sosial ini.

Selanjutnya dikembangkan pula jaringan untuk sekolah-sekolah tingkat atas dan beberapa perusahaan besar.Sampai akhirnya, pada September 2006 Facebook mulai membuka pendaftaran bagi siapa saja yang memiliki alamat email.Pada waktu itu jumlah pengguna facebook terus bertambah.Sampai beberapa perusahaan besar seperti friendster, Viacom, bahkan Yahoo tertarik untuk membeli/mengakuisisi facebook.Tapi semua tawaran tersebut ditolak oleh Mark Zuckerberg sebagai pendiri Facebook meskipun harga yang ditawarkan terbilang fantastis. Friendster menawar 10 juta US dollar, Viacom 750 juta US dollar, dan yahoo 1 Milyar US dollar.

Pada akhirnya, langkah yang diambil zuckerberg tersebut sangatlah tepat karena facebook terus berkembang dan pada 2007 terdapat penambahan 200 ribu account baru perharinya.Lebih dari 25 juta user aktif menggunakan Facebook setiap harinya.Sampai pada 2009, penghasilan facebook mencapai nominal 800 juta US dollar. Malahan di tahun 2010 ini ditaksir angka itu akan melambung mencapai lebih dari 1 Milyar US dollar, wow. Yang mana sumbernya ditaksir dari hasil periklanan.Untuk jumlah pengguna, di tahun 2010 ini, menurut sumber terbaru yang saya baca sudah melebihi angka 500 juta user. Sangat fantastis!

B.Remaja

1.Pengertian Remaja

Remaja berasal dari kata latin adolensence yang berarti tumbuh atau tumbuh menjadi dewasa. Istilah adolensencemempunyai arti yang lebih luas lagi yang mencakup kematangan mental, emosional sosial dan fisik (hurlock, 1992). Pada masa ini sebenarnya tidak mempunyai tempat yang jelas karena tidak termasuk golongan anak tetapi tidak juga golongan dewasa atau tua.

Seperti yang dikemukakan oleh calon (dalam monks, dkk 1994) bahwa masa remaja menunjukkan dengan jelas sifat transisi atau peralihan karena remaja belum memperoleh status dewasa dan tidak lagi memiliki status anak. Menurut sri rumini & siti sundari (2004: 53)masa remaja adalah peralihan dari masa anak dengan masa dewasa yang mengalami perkembangan semua aspek atau fungsi untuk memasuki masa dewasa.

 Ciri-ciri remaja ditinjau dari psikis :

  1. Suka mencoba hal-hal baru tanpa memperdulikan mana yang baik dan buruk.
  2. Sudah mulai menyukai lawan jenis.
  3. Lebih rapi(memperhatikan penampilan).
  4. Sering memiliki permasalahan yang kompleks.
  5. Dan sebagainya.

Manfaat facebook

Secara umum handphone memiliki manfaat :

  1. a) Dapat banyak teman

Karena pada dasarnya situs situs jejaring social semacam facebook memang dimaksudkan untuk  mencari dan memperbanyak teman. Tapi ini juga bergantung  pada motivasi seseorang dalam menggunakan facebook. Ada beberapa orang yang membuat akun facebook hanya sekedar mengikuti tren saja. Hanya sebagai syarat agar tidak disebut remaja kuper alias kurang pergaulan.

  1. b) Bertemu teman lama

Akun facebook adalah salah satu sarana untuk bertemu kembali dengan teman lama. Baik itu teman smp, teman sma maupun teman yang bertemu melalui jejaring sosial lain.

  1. c) Berbagi informasi

Kalau mempunyai informasi menarik dan bermanfaat bisashare di facebook. Sayangnya, saat ini masih jarang orang yang memanfaatkan facebook sebagai sarana untuk berbagi informasi. Kebanyakan dari mereka hanya menggunakanfacebook untuk update status aktivitas dan chatting.

  1. d) Tempat curhat

Bisa  saja kita menyalurkan curhat ke dalam facebook, barang kali ada teman-teman yang menanggapi dan memberikan solusinya.

  1. e) Menyalurkan hobby menulis

Di facebook terdapat fasilitas note untuk menampung hobi kita dalam hal tulis-menulis. Bisa sekedar menulis curhatan, puisi, opini, tips, dan sebagainya.

  1. f) Media penyimpanan data

Selain sebagai media berbagi informasi. Facebook juga bias digunakan sebagai media penyimpanan data berupa file-file, video, foto, dan lainnya.

  1. g) Sarana promosi

Facebook bisa digunakan untuk promosi situs atau web log. Tujuannya tentu agar blognya semakin dikenal dan semakin banyak pengunjungnya.

  1. h) Menghindari stress

Ngobrol dengan teman-teman, mengomentari status orang lain yang terkadang lucu dan menggelitik, bermain game, itu bisa menjadi obat stress yang ampuh setelah seharian berkutat dengan pelajaran di sekolah.

 Dampak  facebook

Selain memiliki sisi positif, facebook juga memiliki sisi negatif. Adapun beberapa sisi negatif yang dimiliki atau yang disebabkan oleh facebook :

1)      Tidak peduli dengan sekitarnya

Orang yang sudah kecanduan facebook, akan asyik dengan dunianya sendiri (dunia yang diciptakannya) sehingga tidak peduli dengan orang lain dan lingkungan di sekitarnya.

 2)      Kurangnya sosialisasi dengan lingkungan

Ini dampak dari seringnya bermain facebook. Ini cukup mengkhawatirkan bagi perkembangan kehidupan sosial remaja. Mereka yang seharusnya belajar sosialisai dengan lingkungan justru lebih banyak menghabiskan waktu lebih banyak di dunia maya bersama teman-teman facebooknya yang rata rata membahas sesuatu yang tidak penting. Akibatnya kemampuan verbal anak menurun.

3)      Menghamburkan uang

Akses internet untuk membuka facebook jelas berpengaruh terhadap kondisi keuangan (terlebih kalau akses dari warnet). Dan biaya internet di indonesia yang cenderung masih mahal bila dibanding negara negara lain (mereka sudah banyak yg gratis). Ini sudah bisa dikategorikan sebagai pemborosan, karena tidak produktif.

4)      Mengganggu kesehatan

Terlalu banyak nongkrong di depan monitor tanpa melakukan kegiatan apa pun, tidak pernah olahraga sangat berisiko bagi kesehatan. Penyakit akan mudah datang. Telat makan dan tidur tidak teratur. Obesitas (kegemukan), penyakit lambung (pencernaan), dan penyakit mata adalah gangguan kesehatan yang paling mungkin terjadi.

5)      Berkurangnya waktu belajar

Ini sudah jelas, terlalu lama bermain facebook akan mengurangi jatah waktu belajar si anak sebagai pelajar. Bahkan ada beberapa yang masih asyik bermain facebook saat di sekolah.

6)      Kurangnya perhatian untuk keluarga

Keluarga di rumah adalah nomor satu. Slogan tersebut tidak lagi berlaku bagi para facebookers. Buat mereka temen temen difacebook adalah nomor satu. Tidak jarang perhatian mereka terhadap keluarga menjadi berkurang.

7)      Tersebarnya data pribadi

Beberapa facebookers memberikan data-data mengenai dirinya dengan sangat detail. Biasanya ini untuk orang yang baru kenal internet hanya sebatas facebook saja. Mereka tidak tahu resikonya menyebarkan data pribadi di internet. Ingat data data di internet mudah sekali bocor, apalagi facebook yang gampang sekali dihack.

8)      Mudah menemukan sesuatu berbau pornografi dan sex

Mudah sekali bagi para facebookers menemukan sesuatu yang berbau porno dan. Karena kedua hal itu yang paling banyak dicari di internet dan juga paling mudah ditemukan.inilah fakta tidak dewasanya pengguna intenet indonesia.

9)      Rawan terjadinya perselisihan

Tidak adanya kontrol dari pengelola facebook terhadap para anggotanya dan ketidakdewasaan pengguna facebook itu sendiri membuat pergesekan antar facebookers sering sekali terjadi.

10)  Sering terjadi penipuan

Seperti media media lainnya, facebook juga rawan terhadap penipuan. Apalagi bagi anak-anak yang kurang mengerti tentang seluk beluk dunia internet. Bagi si penipu sendiri, kondisi dunia maya yang serba anonim jelas sangat menguntungkan.

 BAB III

Penutup

1.    Kesimpulan

facebook adalah suatu jejaring sosial yang mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan yang gunanya mempertemukan orang-orang di berlainan tempat.

Facebook mempunyai berbagai macam manfaat. Namun, juga dapat memberikan dampak negatifpara siswa. Semua itu pada dasarnya tergantung pada diri kita dalam menggunakan facebook. Para siswa / pelajar seringkali berlebihan dalam menggunakan facebook dalam kehidupan sehari-hari.

Akan tetapi dampak buruk facebook terhadap kehidupan sosial remaja lebih berbahaya dan perlu diantisipasi. Misalnya, mengganggu jam belajar dan dapat mengurangi daya konsentrasi siswa sehingga prestasi mereka dapat menurun. Selain itu, dampak buruk yang ditimbulkan adalah membuat remaja kurang bersosialisasi dengan lingkungan serta mengganggu kesehatan pada mata. Itu disebabkan karena mereka terlalu larut dengan apa yang mereka lakukan.

 2.    Saran

ØRemaja

Sebaiknya para remaja dapat menggunakan facebook secara konsekuen dengan cara mampu memilah waktu, antara waktu belajar dan waktu menggunakan facebook, agar nantinya tidak menyesal di kemudan hari.

ØOrang tua

Sebaiknya orangtua selalu mengawasi, menasehati, serta mendampingi anaknya mengenali karakteristik layanan teknologi informasi yang digunakan. Jangan hanya selalu memberikan fasilitas pada anak tanpa adanya pengawasan. Perhatian orangtua sangat dibutuhkan oleh seorang anak. Jangan sampai seorang anak terjerumus hanya karena kurangnya perhatian dari orangtuanya.

  • GURU

Guru yang ingin menggunakan Facebooksebagai penunjang kegiatanbelajar mengajar sebaiknya tidak membebani siswa dengan materi yangharus diunduh,tetapi bisa menggunakan fasilitas blog agar lebih mudahdiakses siswa.

Daftar  pustaka

 http://www.idafazz.com/pengertian-facebook.php

http://belajarpsikologi.com/pengertian-remaja/

http://www.slideshare.net/mashendri1/facebook-manfaat-dan-dampaknya

http://bkpemula.wordpress.com/2011/12/05/abstrak-pengaruh-penggunaan-facebook-terhadap-aktivitas-belajar-siswa-kelas-xi-semester-genap-sma-negeri-1-talang-padang-tahun-pelajaran-20092010/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s